Kamis, 25 Juli 2013

Perundingan Damai Israel-Palestina Bakal Dimulai Kembali 30 Juli

Setelah terhenti bertahun-tahun, perundingan damai antara Palestina dan Israel kemungkinan bakal digelar kembali pada 30 Juli mendatang di Washington, Amerika Serikat.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pembangunan Regional Israel Silvan Shalom seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (25/7/2013).

"Kami harap pembicaraan akan dimulai pekan depan, kemungkinan pada Selasa, namun ini belum diputuskan 100 persen," ujarnya pada konferensi pers di kota Jericho, Tepi Barat saat peresmian sebuah kawasan industri.

"Jika tak ada perubahan di menit-menit terakhir... saya pikir ada peluang besar pembicaraan itu bisa dilanjutkan pekan depan di                                                                         Washington," imbuhnya.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengumumkan Israel dan Palestina akan segera mulai melakukan negosiasi di Washington. Pembicaraan damai langsung antara Israel dan Palestina telah terhenti selama tiga tahun.

Gedung Putih kemudian menyatakan, pembicaraan awal kepala negosiator Palestina Saeb Erakat dan Menteri Kehakiman Israel Tzipi Livni kemungkinan bisa dimulai dalam beberapa pekan mendatang. Gedung Putih pun optimis akan peluang keberhasilan pertemuan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More