Senin, 22 Juli 2013

Bahaya Tidur Setelah Sahur Bagi Kesehatan

Mungkin Anda bertanya-tanya, bolehkan tidur setelah sahur ? Jawabannya yaitu sebaiknya jangan !Alasan jangan tidur setelah sahur jaitu ternyata terdapat dampak negatif tidur sehabis sahur yang masih jarang kita ketahui. Maka dari itu sahur yang baik dan setelah sahur dianjurkan tidak tidur karena berdampak buruk bagi kesehatan Anda.


Memang sebagian besar orang memilih tidur habis sahur karena menganggapnya menyehatkan badan karena beristirahat. Tapi itu adalah salah satu hal yang kurang baik dilakukan waktu Ramadhan ini, karena tidur setelah sahur berdampak negatif.

tidur vector


Inilah beberapa dampak tidur setelah sahur

1. Heartburn
Pengertian Heartburn adalah sensasi terbakar yang cukup menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan yang diakibatkan refluks asam lambung. Hal ini dikarenakan ketika Anda berbaring setelah makan, sistem pencernaan akan bekerja terlalu keras sehingga akan meningkatkan risiko refluks asam lambung yang dapat naik dari lambung hingga ke kerongkongan. Itulah sebabnya tidur setelah sahur biasanya kurang nyenyak dan kadang bermimpi buruk.

2. Stroke
Sebuah penelitian menemukan jika kondisi refluks asam memicu apnea tidur yang berkaitan dengan stroke. Sementara teori lain menyatakan bahwa sistem pencernaan yang kurang baik memengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula yang mengakibatkan meningkatkan risiko stroke.

3. Peningkatan berat badan
Berat badan Anda akan bertambah jika Anda terbiasa tidur setelah makan. Hal itu dikarenakan tubuh tidak memiliki kesempatan untuk membakar kalori sehingga akan ditimbun sebagai lemak didalam tubuh.

4. Refluks asam
Hal ini dapat terjadi ketika tubuh sedang berbaring. Akibatnya yaitu asam dari lambung akan naik ke tenggorokan. Kondisi ini cukup membahayakan, terutama bagi penderita maag.

Sekian artikel tentang bahaya setelah sahur langsung tidur, jadi sekarang Anda mengerti bukan? Semoga menambah wawasan. Termakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More